• Oktober 17, 2022

7 Makanan Yang Dapat Mengatasi Depresi

Jika ada teman kamu yang mengatakan ia butuh makan saat sedang stess, itu bukan merupakan hal yang aneh, loh. Ternyata makanan bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik saja, karena makanan juga dapat membantu seseorang mengatasi masalah emosional mereka. Bahkan jika mengonsumsi makanan yang tepat, ini bisa membantu kita dalam melawan depresi.

Yang kita makan pun dapat membantu untuk mengurangi gelaja depresi dan bahkan memberikan dampak positif di dalam hidup. Lalu apa saja makanan yang dapat membantu kita untuk meredakan depresi ringan? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Makanan yang Membantu Meredakan Depresi

1. Ikan

Pertama yang akan kami bahas adalah ikan, terutama ikan segar yang langsung ditangkap. Ikan-ikan yang paling direkomendasikan untuk kamu yang sedang ingin meredakan stress adalah ikan laut seperti salmon, mackerel, trout, sanden, dan tuna. Hal ini dikarenakan di dalam ikan terdapat omega-3. Bahkan ada penelitian yang mengatakan ikan bermanfaat dalam mencegan depresi. Mereka yang mengonsumsi ikan-ikan ini lebih kecil dalam mengalami depresi. Tapi ini masih diperlukan studi lebih lanjut.

2. Kacang-Kacangan

Banyak orang menghindari makan kacang karena dikatakan dapat menimbulkan jerawat. Tapi tahukah kalau itu ternyata mitos dan bahkan dapat membantu kamu untuk menghindari depresi? Ya, di dalam kacang terdapat kandungan lemak omega-3 yang tinggi dan yang paling banyak terdapat di dalam kacang kenari. Kenari sendiri merupakan sumber dari lemak omega-3 terbaik dan bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Jadi jangan heran kalau kenari dikenal sebagai salah satu makanan yang cocok untuk menjaga kesehatan otak.

3. Kacang Polong

Jenis kacang-kacangan lain yang bisa membantu untuk meredakan depresi adalah kacang polong. Kacang ini memiliki kandungan protein dan juga serat yang bai. Ini menandakan kalau makanan ini akan membantu tubuh kita menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil. Bukan itu saja, kacang polong pun bisa membantu untuk menekan lonjakan dari gula darah yang bisa memberikan dampak pada suasana hati.

4. Biji-bijian

Apakah kamu tahu kalau biji-bijian seperti biji rami dan biji chia dapat membantu untuk melawan depresi? Hal ini dikarenakan di dalam biji-bijian tersebut terdapat lemak omega-3. Bahkan hanya satu sendok makan biji chia saja sudah membantu kamu dalam memenuhi asupan minimum dari lemak harian omega-3. Jadi, kedua biji-bijian ini bisa membantu kamu dengan baik untuk mengatasi depresi.

5. Daging Unggas

Tahukah kamu makanan sehari-hari yang kita makan seperti daging unggas, ayam atau kalkun, juga dapat membantu untuk menstabilkan kadar gula darah dan juga menjaga mood kita untuk tetap seimbang, loh. Ini dikarenakan di dalam daging unggas terdapat kandungan triptofan yang tinggi dan ada sekitar 124 persen dari rekomendasi harian per tiga ons dada ayam dipanggang.

6. Sayuran

Jika kamu merupakan orang yang kurang suka mengonsumsi sayuran, maka kamu harus tahu fakta ini. Karena di dalam sayuran terdapat kandungan yang dapat membantu kita untuk mengatasi depresi. Hal ini dikarenakan di dalam sayuran ada berbagai nutrisi yang dapat membantu memperbaiki mood, terutama di dalam sayuran berwarna hijau.

7. Probiotik

Terakhir yang akan kami bahas adalah probiotik yang ada di dalam usus dapat membantu untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan probiotik tinggi, seperti kimchi, kombucha, sup miso, kol parut, tempe, tahu, dan yogurt.

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk mengurangi atau mengatasi masalah depresi ringan.