• Maret 23, 2023

Inilah Manfaat Jahe yang Baik Bagi Tubuh

Jahe merupakan tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika sering mengonsumsi jahe. Makanan yang merupakan bumbu paling sehat ini masih terkait erat dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas. Baik digunakan segar, kering, bubuk, atau sebanayk minyak, jahe tetap merupakan bahan yang sehat. Bahkan terkadang jahe ditambahkan ke olahan kosmetik juga, loh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jahe untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

Manfaat Jahe

1. Mengandung Gingerol

Jahe memiliki sejarah penggunaan yang sangat panjang dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional dan alternatif. Ini telah digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual, dan membantu melawan flu dan flu biasa, untuk menyebutkan beberapa tujuannya.

Aroma dan rasa jahe yang unik berasal dari minyak spaceman slot cheat alaminya, yang terpenting adalah gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Ini bertanggung jawab atas banyak khasiat obat jahe. Kandungan ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, menurut penelitian.

2. Dapat Mengobati Berbagai Bentuk Mual

Jahe sangat efektif untuk bisa melawan mual, termasuk mual di pagi hari untuk ibu hamil. Ini bisa membantu untuk meredakan mual dan muntal bagi orang yang menjalani jenis operasi tertentu. Jahe juga dapat membantu mual terkait kemoterapi, tetapi penelitian manusia yang lebih besar diperlukan. Meski demikian, jahe tidak memberikan pengaruh jika sudah sampai muntah.

Meskipun jahe dianggap aman, bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsinya dalam jumlah besar jika sedang hamil. Dianjurkan agar wanita hamil yang mendekati persalinan atau yang pernah mengalami keguguran menghindari jahe.

3. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe dapat berperan dalam penurunan berat badan, menurut penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan. Suplementasi jahe secara signifikan mengurangi berat badan, rasio pinggang-pinggul, dan rasio pinggul pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu jahe juga dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin darah. Kadar insulin darah tinggi dikaitkan dengan obesitas. Bukti yang mendukung peran jahe dalam membantu mencegah obesitas lebih kuat dalam penelitian pada hewan.

4. Dapat Membantu Penyakit Osteoarthritis

Osteoarthritis (OA) merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Ini melibatkan degenerasi sendi dalam tubuh, yang menyebabkan gejala seperti nyeri sendi dan kekakuan. orang yang menggunakan jahe untuk mengobati OA mereka mengalami penurunan rasa sakit dan kecacatan yang signifikan.

5. Dapat Menurunkan Gula Darah

Mungkin ini merupakan hal yang baru ditemukan, di mana jahe mungkin memiliki sifat anti-diabetes yang kuat. Dalam studi tahun 2015 terhadap 41 peserta dengan diabetes tipe 2, 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah puasa sebesar 12%.

Namun, perlu diingat bahwa ini hanyalah satu studi kecil. Hasilnya sangat mengesankan, tetapi perlu dikonfirmasi dalam studi yang lebih besar.

6. Dapat Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan Kronis

Gangguan pencernaan kronis ditandai dengan nyeri berulang dan ketidaknyamanan di bagian atas perut. Gangguan pencernaan kronis ditandai dengan nyeri berulang dan ketidaknyamanan di bagian atas perut, karena diyakini bahwa pengosongan perut yang tertunda adalah penyebab utama gangguan pencernaan.

Jahe tampaknya mempercepat pengosongan lambung, yang dapat bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan perut terkait.

7. Dapat mengurangi nyeri haid secara signifikan

Terakhir yang akan kami bahas dari manfaat jake adalah untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri haid. jahe lebih efektif daripada plasebo dan sama efektifnya dengan obat-obatan seperti asam mefenamat dan asetaminofen/kafein/ibuprofen. Meskipun temuan ini menjanjikan, studi berkualitas lebih tinggi dengan jumlah peserta studi yang lebih besar masih diperlukan.

Nah, itulah beberapa manfaat jahe yang sangat membantu meredakan beberapa penyakit.