• Juni 5, 2024

Perjalanan 33 Tahun Tera Data Indonusa Membangun Produk SSD PC Pro sampai Komputer Lokal Axioo

Bagi para pecinta perangkat teknologi, terlebih PC desktop dan notebook, kamu tentu tidak asing dengan merek memori atau SSD bermerek PC Pro dan notebook Axioo.

Kedua brand lokal hal yang demikian berdiri sejak 33 tahun lalu atau pada 1991, di bawah payung PT Tera Data Indonusa Tbk.

President Commissioner PT Tera Data Indonusa Tbk, Sugiyanto Sutikno, menyebutkan perusahaan didirikan oleh para founder yang memiliki latar belakang programmer.

33 tahun lalu, sebelumnya kami berdiri sebagai perusahaan software. Jadi founder kami semuanya berlatar belakang programmer. Saja yang kami bangun semuanya mengandung layanan teknologi, termasuk operasional. Semua kami kembangkan sendiri,” kata Sugiyanto di kantor sentra perusahaan, Cakung Barat, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2024).

Ia melanjutkan, pada tahun 1993, Tera Data Indonusa mulai mendistribusikan hardware, lalu mulai berkembang pada 1997 dengan meluncurkan produk pertamanya yaitu memori dan SSD dengan brand PC Pro.

“Lalu pada 1998, kami ditunjuk menjadi spaceman gacor salah satu distributor Intel. Selanjutnya pada 2004, kami mendirikan brand Axioo dengan produk PC dan notebook. Masuk tahun 2018, kami pindah ke gedung baru di Cakung, Jakarta Timur,” papar Sugiyanto.

“Sebelumnya, gudang kami dengan sales beserta manajemen letaknya berbeda-beda. Nah, mulai 2018, semuanya diciptakan satu di sini (gedung Cakung), termasuk pabrik dan RnD,” dia menjabarkan.

Sebab kecepatan perkembangan perusahaan, Sugiyanto melanjutkan, pada 2022 dibentuk PT Tera Data Indonusa Tbk.

“Mimpi kami pada tahun 2024 ini yaitu mau menjadi brand nomor 1 di Indonesia,” ungkapnya menegaskan.

Kecuali tenar dengan produk memori dan notebook, Tera Data Indonesia hakekatnya memiliki sejumlah produk lain yang cukup diperhitungkan

“Deretan produk dari Tera Data Indonusa antara lain solusi robotika untuk pendidikan, PC desktop, notebook komersial, drone, sampai server kelas low-end dan high-end. Ada juga Axioo Ecosystem yang mengintegrasikan solusi dari partner-partner kami,” ujar Sugiyanto, menutup diskusi.

Komputer Axioo dan Pongo

Ketika ini Tera Data Indonusa memiliki dua merek notebook yaitu Axioo dan Pongo yang berkompetisi di jajaran notebook global.

Pada awal 2024, perusahaan meluncurkan Axioo Hype Series yang mengusung tema desain Hype Up Your Life dan tersedia dalam 6 varian sekaligus dengan kelebihan masing-masing.

Tidak ketinggalan seri notebook Pongo. Pada tahun ini sebagian seri notebook Pongo sudah diluncurkan untuk menjawab keperluan para gamer, konten kreatif, dan pekerja kreatif.

Pongo hadir dengan desain notebook yang kekinian, daya kerja terbaik di kelasnya, dan ditawarkan dengan harga kompetitif di pasaran.

“Kami optimistis dengan sebagian seri Axioo dan Pongo karena didorong dengan inovasi terkini, harga relatif murah, dan layanan purna jual yang maksimal,” kata Vice President Business Development & Strategic Partnerships PT Tera Data Indonusa Tbk, Timmy Theopelus.