• Mei 23, 2024

Perubahan Sosial pengaruh Kian Canggihnya Teknologi, Secara Pada Smarthphone

Perubahan akan senantiasa berjalan dan pasti akan terjadi, kita berharap atau tidak seluruh akan terus berjalan,entah cepat atau lambat. Cuma bagaimana kita meresponnya, kita akan meniru perubahan hal yang demikian atau hanya diam saja atau pun menolak akan perubahan. 

Perubahan bisa memberikan kita manfaat, namun juga bisa membuat kita terlena Perubahan sosial pengaruh dari perkembangan zaman terpenting kian canggihnya teknologi di era kini ini juga memberi pengaruh positif ataupun negatif.  

Perubahan sosial berdasarkan John Luwis Gillin dan John Philip Gillin yaitu perubahan yang terjadi sebagai suatu tipe dari sistem hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, ataupun adanya difusi atau temuan-temuan baru dalam masyarakat. 

Sedangkan perubahan sosial bonus new member 100 di depan berdasarkan Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi yaitu suatu progres perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang meliputi skor-skor budaya, pola perilaku klasifikasi masyarakat, kekerabatan-kekerabatan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material ataupun nonmateri.

Pengajaran harfiah teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu \”tecnologia\” yang berarti pembahasan sistematik mengenai seluruh seni dan kerajinan. Istilah hal yang demikian memiliki akar kata \”techne\” dalam bahasa Yunani kuno berarti seni (art), atau kerajinan (craft).

Dari makna harfiah hal yang demikian, teknologi dalam bahasa Yunani kuno bisa didefinisikan sebagai seni memproduksi alat-alat produksi dan mengaplikasikannya. Definisi hal yang demikian kemudian berkembang menjadi pemakaian ilmu pengetahuan layak dengan keperluan manusia. 

Teknologi bisa pula dimaknai sebagai \”pengetahuan mengenai bagaimana membuat sesuatu (know-how of making things) atau \”bagaimana melaksanakan sesuatu\” (know-how of doing things), dalam arti kemampuan untuk melaksanakan sesuatu dengan skor yang tinggi, baik skor manfaat ataupun skor jualnya (Ngafifi, 2014: 36).

Kemajuan teknologi memberikan manfaat dalam pelbagai bidang, kemajuan teknologi akan terus terjadi kerena pengetahuan juga kian meningkat, pendidikan juga kian baik. 

Kian baik karenanya bidang yang lain akan meniru seperti dalam bidang ekomoni ataupun sosial. Pengetahuan meningkat karenanya munculnya temuan-temuan baru dan memudahkan kerja manusia. 

Kemunculan handphone dari tahun ke tahun kian meningkat, yang mulanya hanya bisa digunakan untuk SMS dan telpon kemudian kini bisa digunakan dalam seluruh hal seperti komputer atau komputer jinjing. Kian canggihnya smartphone bisa berdampak positif ataupun negatif untuk masyarakat itu sendiri.